Syarat Pembiayaan Leasing di Era New Normal di Bulan Juni

Syarat Pembiayaan Leasing di Era New Normal di Bulan Juni post thumbnail image

BFI Malang Finance – Pemerintah tengah menyiapkan masyarakat dan industri di Indonesia untuk menyambut kondisi new normal. Salah satunya adalah industri pembiayaan leasing. Dengan adanya persiapan menyambut era new normal, diharapkan perekonomian di Indonesia akan bergerak secara bertahap. 

Di era new normal, sejumlah perusahaan pembiayaan multiguna akan mulai melanjutkan memberikan kredit lagi di bulan Juni. Seperti yang telah diketahui, akibat pandemi COVID19 ini, pemberian kredit kepada konsumen menjadi lebih selektif. Namun, akan ada sejumlah syarat yang berlaku dan penyetujuan pembiayaan pun akan semakin ketat. 

Di sisi lain, relaksasi kredit oleh bank dan perusahaan pembiayaan leasing akan tetap berjalan. Hal ini dinyatakan oleh Bambang W Budiawan selaku Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena, masih banyak debitur yang membutuhkan bantuan. 

Apa Syarat yang Berlaku?

pembiayaan adalah

Suwandi Wiratno selaku Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) menyatakan bahwa sejumlah perusahaan pembiayaan akan kembali memberikan leasing di bulan Juni, dengan persyaratan yang semakin diperketat. Akan ada sejumlah perubahan yang diberlakukan dibandingkan sebelum pandemi COVID19.  

Syarat yang diberlakukan diantaranya adalah penetapan batas uang muka atau down payment yang lebih besar dibandingkan sebelum adanya pandemi. Hal ini dilakukan beberapa perusahaan pembiayaan sebagai antisipasi resiko terjadinya kredit macet. Selain itu, hal ini juga dinilai sebagai upaya untuk membantu antar leasing dan debitur. Penetapan batas uang muka ini juga dilakukan sebagai antisipasi leasing sebagai sumber pendanaan utama bagi perusahaan pembiayaan.

Beberapa perusahaan pembiayaan tengah mengajukan izin ke induk usahanya agar syarat down payment pembiayaan bisa diturunkan. Selain itu, diharapkan dengan menyambut era new normal ini, pengajuan relaksasi akan berkurang. Sehingga pemberian leasing akan lebih optimal.

Sejak bulan Maret, persyaratan pembiayaan mulai diketatkan demi mengurangi resiko timbulnya kredit macet. Perusahaan pembiayaan pun tidak lagi fokus pada pembiayaan baru dan pertumbuhan kinerja.  

Selain itu, dalam beberapa bulan terakhir, lembaga keuangan termasuk perbankan dan perusahaan pembiayaan tengah selektif dalam memilih debitur. Baik bagi mereka yang hendak mengajukan kredit maupun restrukturisasi. Hal ini dinilai melalui standar yang telah ditetapkan. Misalnya, apakah mereka terdampak COVID19 secara langsung maupun tidak langsung, usaha yang tengah dijalani, dan sejumlah persyaratan lainnya. 

Dengan adanya syarat yang ditetapkan, diharapkan perusahaan pembiayaan bisa beroperasi lebih maksimal dan memberikan pelayanan yang lebih optimal di bulan Juni ini. 

-o0o-

BFI Finance Malang melayani seluruh Malang Kota maupun Kabupaten: Info Ibu Zefa HP/WA 0822-3301-6554 atau klik di sini bit.ly/Pinjaman-JaminanBPKB . Pinjaman Online Solusi Dana Tunai Gadai BPKB Mobil Sepeda Motor Murah Malang. Promo Bunga Rendah Angsuran Ringan Proses Kredit Cepat Tidak Berbelit. Aman diawasi OJK. Batu Kasembon Pujon Ngantang Dau Tumpang. Singosari Jabung Poncokusumo Wajak Lawang Karangploso. Kepanjen Pakisaji Wagir Ngajum Kromengan Sumberpucung. Gondanglegi Bululawang Pagelaran Tajinan. Turen Dampit Ampelgading Tirtoyudo. Pakis SumberManjing Donomulyo Gedangan Bantur Pagak Kalipare. 

Syarat Pembiayaan Leasing di Era New Normal di Bulan Juni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top