Relaksasi Kredit Adalah Peluang UMKM di Era New Normal

Relaksasi Kredit Adalah Peluang UMKM di Era New Normal post thumbnail image

BFI Finance Malang – Dalam masa peralihan menuju era new normal, berbagai kebijakan diberlakukan agar perekonomian dapat pulih secara bertahap. Relaksasi kredit adalah salah satu kebijakan yang dapat mempengaruhi ketahanan industri finansial dalam menghadapi pandemi COVID19. 

Adrian Panggabean selaku Chief Economist CIMB Niaga menuturkan bahwa hingga saat ini, kinerja sektor keuangan masih mampu untuk pulih dan bertahan di tengah pandemi virus ini. Bahkan, masih lebih baik dibandingkan dengan krisis ekonomi yang terjadi pada saat 12-22 tahun lalu. Hal ini didukung dengan kinerja yang masih bertumbuh pada kuartal I/2020 ini. Sehingga, di era new normal ini, diharapkan sektor perekonomian dapat berangsur-angsur pulih.

Lalu, bagaimana dengan situasi yang akan dihadapi oleh pelaku UMKM?

Muhammad Ikhsan Ingratubun selaku Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) optimis bahwa tahap new normal dapat mendongkrak penghasilan dan kinerja UMKM yang sempat menurun akibat adanya pandemi. Dengan adanya era new normal, termasuk kebijakan relaksasi kredit adalah merupakan dorongan bagi pergerakan kinerja dan perekonomian masyarakat. 

Berdasarkan data dari Kemenkop UKM, adanya pandemi ini membuat para pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan, terhambatnya kegiatan produksi dan distribusi, serta kesulitan permodalan. 

Apakah UMKM Telah Siap Menghadapi New Normal?

Relaksasi kredit BFI Malang Finance

Randi Anto, Direktur Utama PT Jamkrindo (persero) menuturkan bahwa new normal merupakan peluang yang baik bagi para pelaku UMKM. Adanya stimulus ini dapat memberikan pelaku UMKM keringanan untuk berinovasi, menciptakan terobosan, ataupun strategi jitu untuk tetap produktif di tengah terpaan pandemi. Terlebih lagi, umumnya pelaku UMKM lebih mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada. Hal ini karena mereka jeli dalam menangkap apa yang tengah dibutuhkan oleh konsumen.

Oleh karena itu, kebijakan pengajuan relaksasi kredit ditunjukkan untuk mendukung kinerja para pelaku UMKM. Dengan adanya kebijakan dalam bentuk penurunan bunga, perpanjangan tenor, hingga penambahan fasilitas kredit. Diharapkan kebijakan ini dapat membantu para pelaku UMKM bertahan dan mampu melewati pandemi. Serta dengan adanya kebijakan ini, diharapkan pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang yang ada di era new normal. 

Pernyataan ini didukung juga oleh Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM. Ia menghimbau agar semua pihak terkait untuk memperkuat kinerja UMKM yang mendorong perekonomian di Indonesia. Dengan demikian, perekonomian di Indonesia pun dapat perlahan pulih seperti sebelum adanya pandemi. 

Seperti yang telah diketahui, program relaksasi kredit ini diutamakan bagi para pelaku UMKM yang terkena dampak langsung pandemi Covid-19. Diharapkan, para pelaku UMKM yang telah mengajukan dan menerima stimulus ini dapat memperkuat arus kas usaha mereka. Serta bertahan agar usaha yang dijalani dapat melewati pandemi.

-o0o-

BFI Finance Malang melayani seluruh Malang Kota maupun Kabupaten: Info Ibu Zefa HP/WA 0822-3301-6554 atau klik di sini bit.ly/Pinjaman-JaminanBPKB . Pinjaman Online Solusi Dana Tunai Gadai BPKB Mobil Sepeda Motor Murah Malang. Promo Bunga Rendah Angsuran Ringan Proses Kredit Cepat Tidak Berbelit. Aman diawasi OJK. Batu Kasembon Pujon Ngantang Dau Tumpang. Singosari Jabung Poncokusumo Wajak Lawang Karangploso. Kepanjen Pakisaji Wagir Ngajum Kromengan Sumberpucung. Gondanglegi Bululawang Pagelaran Tajinan. Turen Dampit Ampelgading Tirtoyudo. Pakis SumberManjing Donomulyo Gedangan Bantur Pagak Kalipare. 

Relaksasi Kredit Adalah Peluang UMKM di Era New Normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top