Demi Jaga Kualitas Kredit, Uang Muka Pinjaman Kilat Naik

Demi Jaga Kualitas Kredit, Uang Muka Pinjaman Kilat Naik post thumbnail image

BFI Malang Finance – Dalam masa transisi menyambut new normal, sejumlah perusahaan multifinance mulai memberikan kredit baru kepada mereka yang membutuhkan pinjaman kilat. Beberapa perusahaan pembiayaan yang menetapkan kenaikan down payment atau uang muka mulai menurunkan kebijakan tersebut. Dari yang awalnya mencapai 50%, perlahan mulai diturunkan menjadi 25%.

Kenaikan uang muka pinjaman kilat tersebut memang belum turun seperti pada saat sebelum pandemi. Salah satu  tenaga penjual Toyota menuturkan bahwa kenaikan uang muka tersebut lumayan berpengaruh kepada pergerakan penjualan. Beberapa perusahaan leasing masih menolak uang muka yang rendah untuk produk kredit mobil. 

Mengapa Down Payment Dinaikkan?

pinjaman kilat langsung cair

Beberapa perusahaan pembiayaan mulai menaikan uang muka demi menjaga kualitas pembiayaan di tengah pandemi COVID19. Pernyataan ini juga disampaikan oleh Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Suwandi Wiratno. Ia mengestimasi kenaikan uang muka yang diberikan perusahaan pembiayaan berjumlah sekitar 30%-40% dari total pembiayaan.

Namun, kebijakan tersebut hanya ditetapkan pada bulan April hingga Mei 2020. Pada masa transisi menuju new normal ini, beberapa perusahaan pembiayaan secara bertahap menurunkan uang muka mereka kembali. Kenaikan uang muka ini dilakukan oleh sekitar 20 multifinance yang masih menyalurkan pembiayaan di bulan April-Mei 2020, namun lebih selektif. Sedangkan perusahaan pembiayaan yang tidak menaikan uang muka pembiayaan tidak menerima pengajuan pembiayaan dan lebih fokus dalam melakukan restrukturisasi kredit. 

Dengan menaikan uang muka pembiayaan, hal ini akan membantu memperketat kriteria calon debitur. Hal ini akan menjaga kualitas kredit dan memperkecil potensi pengajuan relaksasi kredit. Kebijakan ini dilakukan karena risiko kredit yang meningkat, mengingat kondisi ekonomi di Indonesia tengah kurang kondusif. Kebijakan kenaikan uang muka ini akan dirasakan dampaknya di akhir tahun atau awal tahun depan, dan hanya bersifat sementara. 

Diharapkan dengan proses transisi ke era new normal, perekonomian akan berangsur-angsur pulih. Sehingga perusahaan pembiayaan bisa melayani konsumen dengan lebih maksimal. Transisi ke era new normal ini didukung juga oleh optimalisasi layanan digital oleh sejumlah perusahaan pembiayaan. Sehingga, baik nasabah maupun kreditur dapat bertransaksi walaupun pergerakan fisik telah terbatas. 

-o0o-

BFI Finance Malang melayani seluruh Malang Kota maupun Kabupaten: Info Ibu Zefa HP/WA 0822-3301-6554 atau klik di sini bit.ly/Pinjaman-JaminanBPKB . Pinjaman Online Solusi Dana Tunai Gadai BPKB Mobil Sepeda Motor Murah Malang. Promo Bunga Rendah Angsuran Ringan Proses Kredit Cepat Tidak Berbelit. Aman diawasi OJK. Batu Kasembon Pujon Ngantang Dau Tumpang. Singosari Jabung Poncokusumo Wajak Lawang Karangploso. Kepanjen Pakisaji Wagir Ngajum Kromengan Sumberpucung. Gondanglegi Bululawang Pagelaran Tajinan. Turen Dampit Ampelgading Tirtoyudo. Pakis SumberManjing Donomulyo Gedangan Bantur Pagak Kalipare. 

Demi Jaga Kualitas Kredit, Uang Muka Pinjaman Kilat Naik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top